Kamis, 19 Juni 2008

Perbaiki Sistem Suspensi Anda !,...


Bagaimana cara mengaktifkan overdrive Secara umum, overdrive (OlD) adalah jenis urutan gigi teratas di dalam transmisi. Kebanyakan mobil matik hanya dilengkapi transmisi 3-speed plus overdrive (speed keempat). Di saat overdrive, rpm mesin akan menurun namun tenaga (akselerasi) bertambah hingga mencapai kecepatan maksimal. Overdrive juga berfungsi dalam penghematan bah an bakar. Jika OlD di¬off-kan berarti gigi transmisi hanya dibatasi sampai 3 speed start dari 50-70 km/jam untuk mendapat kecepatan penuh. Normalnya, overdrive harus sering digunakan. Apalagi jika menyusuri jalan tanjakan di daerah Puncak, OlD menjadi kelengkapan transmisi matik yang penting. Apalagi saat laju mobil deselerasi (mel am bat) saat menuruni bukit atau berakselerasi menyusul kendaraan lain di jalan tanjakan.
Fungsi lain OlD adalah sebagai 'engine brake' menghambat laju mobil ketika Anda menuruni puncak bukit.
Servis transmisi matik Dealer resmi tahu betul perawatan transmisi matik. Paling tidak, komponen yang dipakai asli dan jenis oli yang disarankan terjamin mutunya. Kapan Anda harus pergi ke bengkel Kapan pun Anda sempatkan waktunya. Begitu timbul kecurigaan kebocoran oli, bunyi-bunyi aneh, atau bermasalah dengan tuas persneling. Jangan pernah menunggu sampai transmisi rusak parah karena berakibat macet di jalan. Kunjungi bengkel yang Anda percaya mutunya. Tanyakan mendetail apa saja jenis keruasakannya. Jangan lupa, tanyakan jaminan atau garansi bengkel memperbaiki mobil Anda kembali normal.
How to keep the suspension alive
Jalan berlubang, polisi tidur, separator jalan, tempat parkir yang miring semuanya menyiksa sistem suspensi mobil. Meskipun mobil-mobil modern sudah dilengkapi sistem suspensi handal, tapi tetap terbuka kemungkinan ada bag ian suspensi yang melengkung, putus, atau meleset keluar dari posisinya. Bagian mobil yang sering dilupakan ini juga jadi langganan kotoran, benturan, serangan pecahan kerikil dan benda-benda keras lainnya. Untuk menjaga mobil anda tetap am an dikendarai, suspensi juga harus diperiksa, dirawat dan diperhatikan secara berkala. Salah satu cara merawat sistem suspensi adalah melakukan perawatan 'wheel alignment'. Ini cara yang baik untuk memeriksa suspensi. Dalam proses itu, tekanan angin diperiksa, juga sistem kemudi dan sambungan-sambungan suspensi untuk mendeteksi terjadinya aus atau rusak.
Biasanya bengkel memiliki informasi ayunan maksimum setiap komponen. Bila ragu-ragu apakah sambungan komponen rusak atau tidak, Anda bisa meminta bengkel untuk melakukan pemeriksaan lebih detail dan menyeluruh.
Peredam kejut dengan lapisan tipis oli dan debu yang menempel disepanjang batangnya masih wajar. Tapi tidak wajar dan harus diganti jika oli sudah menetes atau mengalir. Toh itu bukan satu-satunya indikasi mengganti peredam kejut. Pada dasarnya bila mobil terayun-ayun di jalan tidak rata atau handling terasa empuk, itu pertanda sudah harus diganti. Mobil yang biasa dipakai di jalan mulus tidak berarti peredam kejutnya aman. Pada kondisi itu, peredam kejut berayun dalam rentang yang pendek. Ini terjadi bertahun-tahun dan pasti menyebabkan aus pada rentang gerak tersebut. Kondisi ini sulit diketahui karena saat melintasi gundukan,dan peredam harus mengayun dalam jarak lebar, sistem suspensi bekerja baik. Tapi dalam pengendaraan normal di jalan rnulus, kemampuannya merosot signifikan. Ada salah kaprah bahwa per kaku dibutuhkan untuk menghasilkan handling lebih baik.

Per seperti ini memang mengelim efek roli/limbung tapi itu dibayar dengar kenyamanan berkendara yang rendah dan traksi di tikungan. Racikan suspens terbaik merupakan harmonisasi per lem untuk kenyaman berkendara yang geraf suspensinya dibatasioleh peredam keju berkualitas dan sway bars. Pada rnobil-i modern, tingkat peredaman bisa diatur I mudah. Sehingga bisa menawarkan kar handling sporty dengan per 'kaku' hinggga 'comfort' yang empuk. Ketika mengganti peredam kejut/per lakukan juga 'wheel alignment'. Mobil yang dimodifikasi lebih tinggi atau lebih rendah dari standar, berpengaruh besar terhadap handling, karena sistem suspensi bekerja dengan sudut-sudut berbeda dari yang dirancang semula. Pusat gravitasi mobil juga berubah, dan perubahan pada roll centre mobil, menyebabkan mobil tidak aman.
Suspensi yang baik sangat penting untuk keamanan berkendara. Bila setiap penyusunnya bekerja sempurna, umur pakai ban dan efisiensi bahan bakar bertambah juga pengendaraan lebih nyaman.

Tidak ada komentar:

You"re visitor number