Kamis, 19 Juni 2008

Bensin atau Diesel ?

MESIN MANA YANG COCOK BUAT SAYA? DIESEL ATAU BENSIN?
Mesin Diesel seringkali dikeluhkan orang "bau asap" dan berisik. Banyak yang menganggap mesin berbahan bakar solar ini hanya cocok untuk traktor. Pendapat mereka memang tidak salah, karena mesin Diesel mengeluarkan asap yang berbau tak sedap dan suaranya bising. Tapi mesin Diesel punya keunggulan lain, yaitu lebih hemat dibanding mesin bensin. Kekuatan mesin Diesel juga tidak bisa disamakan dengan mesin bensin, karena lebih banyak daya kuda (tenaga) yang disediakan mesin bensin dibanding Diesel. Sebaliknya, torsi terbaik justru hanya bisa Anda peroleh dari mesin Diesel ketimbang bensin. Lantas, mesin mana yang paling bag us buat Anda? Sudah rahasia umum, biaya perawatan mesin Diesel lebih besar daripada mesin bensin. Diesel juga membutuhkan perawatan ekstra mengingat suku cadangnya mahal. Akan tetapi, di sam ping bobot mesinnya yang berat, Diesel juga punya keunggulan lebih andal dan tidak seruwet mesin bensin. Masalah ekonomi menjadi perhatian serius di saat harga bensin terus membumbung, kendati sampai sekarang bah an bakar itu masih tetap menjadi kebutuhan vital - bahkan, meski Anda tidak punya SUV besar di rumah. Kalau bicara tentang harga minyak dunia, tampaknya mesin Diesel biaya lebih sedikit dibanding bensin.
Saat ini, agaknya peran mesin Diesel pun menjadi semakin penting dan dibutuhkan. Penampilannya tidak lagi seperti dulu -¬bersuara kasar dan sangat polutan karena dicap selalu mengepulkan asap hitam, dan kesan yang lebih buruk, kotor dan cacat ketimbang mesin bensin. Mesin Diesel masa kini jauh lebih bersih, lebih hal us dan bahkan lebih bertenaga ketimbang Diesel teknologi lama. Mesin ben sin di masa lalu lebih berkembang dari Diesel. Namun gambaran terbaik dari Diesel bertenaga besar kini bias Anda lihat lewat tambahan perangkat turbo charger. Itu sebabnya mengapa kini banyak beredar mesin Diesel turbo charged. Dan rasanya Anda akan sepakat bila mesin bensin kini setara dengan Diesel turbo. Kini Anda sendiri yang menentukan pilihan mesin, Diesel atau bensin. Putuskan apa saja alasan Anda. Tenaga? Suaranya? Va, mesin bensin adalah pilihannya. Tenaga? Torsi? Va, mesin diesel pilihannya. Tentu saja, sekali lagi, pili han ada di tangan Anda. Hanya saja, Anda harus tahu pasti apa yang Anda inginkan dan harapkan dari mobil yang akan dibeli? Karena, begitu banyak ragam model mobil di pasaran. Kunjungi beberapa dealer dan coba mobil pilihan Anda , tes sejauh mung kin sampai Anda benar-benar yakin dan puas. Kenali karakter mesin Diesel dan bensin, lalu jatuhkan pilihan mesin mana yang anda suka, Selamat mencoba.
Diesel atau Bensin: Mana ya, Mesin yang Paling Pas? Coba, tentukan pilihan Anda. Apakah Anda suka mesin Diesel yang bau solar dan berisik, atau mesin bensin dengan pengeluaran biaya (biaya konsumsi bah an bakar) lebih besar? Buat kalangan tertentu mung kin tahu jelas perbedaannya, tapi bagi orang yang tidak paham menjadi pili han sulit. Di Amerika, rasio pemakaian Diesel rata-rata sehari lebih sedikit dari bensin. Pembakaran mesin Diesel lebih efisien dibanding bensin. Lebih banyak mengeluarkan energi tiap liternya dengan pertimbangan kadar polusinya lebih sedikit. Meskipun demikian, harus diakui mesin Diesel tak bisa lepas dari masalah asap hitam karena tekstur solar memiliki kadar oli. Coba saja Anda tumpahkan di lantai, proses penguapannya tidak akan secepat bensin. Begitu pula proses pembakarannya, bau solar lebih menyengat dari bensin. Sekali pun jenisnya 'clean diesel', tetap saja mengandung kadar jelaga hitam. Proses pembakaran kedua jenis mesin itu juga berbeda. Lebih mudah menghidupkan mesin bensin ketimbang Diesel. Hal ini lantaran mesin bensin menggunakan pengapian busi untuk proses pembakaran mesin. Sedangkan Diesel mengandalkan kompresi tinggi di setiap silindernya, bahkan pada mesin Diesel ukuran besar dibutuhkan motor tambahan untuk menghidupkan mesin. Kelemahan lain mesin Diesel, perlu pemanasan lebih lama untuk mencapai tenaga maksimal. Itu sebabnya kenapa banyak truk berukuran besar butuh berjam¬jam memanaskan mesinnya. Selama periode pemanasan mesin belum tercapai, proses pembakaran mesin tidak effisien. Itu sebabnya mengapa banyak pabrikan memilih mesin bensin ketimbang Diesel. Dari pemakaian bahan bakar per liternya, Diesel masih lebih hemat dibanding bensin Tapi begitu masuk bengkel untuk turun mesin, biayanya lebih besar dari mesin bensin. Setiap jenis onderdil masin Diesel harganya umumnya lebih mahal. Itu sebabnya yang mengerti benar soal mesin Diesel akan beralih ke mesin bensin.
Nah, coba pertimbangkan ini:
• Mesin Diesel lebih awet pemakaiannya
• Mesin bensin halus dan cepat beraksi (responsif)
• Perawatan mesin Diesel lebih mahal
Diesel atau Bensin: Bahan Bakar Menjadi Pertimbangan Performa diesel - tenaga ekstra, efisiensi tinggi, tapi ...
Andai Anda atau orangtua Anda memiliki mobil Diesel sejak 20 tahun yang lalu, yang menjadi memori selama itu mungkin hanyalah pengalaman buruk. Di Amerika, para pengendaranya sudah lama men genal mesin Diesel ramah lingkungan sejak 1980-an, karen a sebelumnya sudah terlalu banyak polusi dan seliweran mobil bersuara bising. Hanya beberapa persen saja mobil Diesel baru dan truk yang terjual di sana. Di sisi lain, di benua Eropa, sekitar 40% mobil baru yang terjual adalah Diesel - setidaknya lebih dari 5 juta unit terjual dalam setahun. Permintaan tinggi mobil Diesel karena tingginya harga bensin (pajak yang dikenakan pada mobil Diesellebih rendah dari bensin di hampir semua negara Eropa). Selang beberapa tahun lalu, popularitas Diesel memang semakin signifikan. Bersyukurlah pada bahan bakar dengan proses pembakaran yang effisien ini, karena keuntungannya bisa mencapai 30% dari pada bensin. Bahkan nilai plus lain dari mesin Diesel membantu pengurangan konsumsi oli pada mesin. Asal tahu saja, sekitar 25% lebih banyak oli di mesin Diesel dibanding mesin bensin. Itu sebabnya mengapa Diesel lebih efisien, karena sering diistilahkan 'oil equivalents'. Klaim usia pakai Diesel pun berkisar 20% lebih baik dibanding mesin bensin.

Tidak ada komentar:

You"re visitor number