Rabu, 16 Januari 2008

Toyota Rush


Dina - Tunas (Toyota Rush)
BERBAGI tempat bersama Terios, Rush diposisikan berada di atas Terios dengan harga yang lebih tinggi. Penentuan harganya pun berada di antara Avanza dan Kijang Innova. Pilihannya ada 3 varian: G bertransmisi manual, S manual dan S otomatis sebagai yang termewah. Pada varian S termewah dipa¬sangi kelengkapan standar lebih banyak dibanding varian lainnya. Selain transmisi otomatis, pem¬beda dengan varian G adalah pe¬makaian pelek alloy dengan de¬sain berbeda dan overfender. Sedang spion samping dilapis krom dan diberi sein, lampu rem ketiga berisi LED serta spoiler atap.
Dina - Tunas (Toyota Rush)
Interiornya dilengkapi setir 4-spoke berlapis kulit, sama seperti tuas transmisinya. Sedang G memakai setir l-spoke. AC double blower, head unit double DIN dengan CD changer 6 keping serta spion lipat elektrik juga jadi kelengkapan standar. Jok pengemudi dengan pengatur ketinggian dan kaca depan lebar memberi posisi mengemudi cukup baik dengan pandangan luas ke depan. Dan fitur safety di varian S juga diperkuat dual air-bag dan rem ABS dan EBD, plus fitur bantuan berupa sensor parkir.
Pelipatan bangku deret kedua yang terpisah cukup praktis untuk memperluas bagasi. Disediakan dua tuas untuk merebahkan sanndaran dan mengungkit bangku ke depan. Selain itu bisa digeser dan reclining. Rush tidak menyediakan bangku deret ketiga sebagai standar. Makanya bagasinya begitu lapang. Namun tersedia opsi bangku tambahan. Tenaga mesin 1.495 cc 4 silin¬der WT-i cukup memadai untuk bobot 1.200 kg. Dengan 109 dk ternyata mesin Rush memberi dorongan kuat sejak putaran bawah. Tak lain karena final gear transmisi matik 4-speed berukuran cukup besar. Gerakan jarum takomater pun terlihat melonjak cepat. Untuk akselerasi 0-100 km/jam, Rush bisa menyelesaikan dalam 15,08 detik. Sedang varian manual dengan girboks 5-speed lebih cepat dengan 13,59 detik. Namun hal itu berpengaruh pada konsumsi bbm. Melaju konstan 100 km/jam di rute bebas hambatan, varian otomatis mencetak 12,3 km/l dan varian manual lebih hemat dengan 15 km/l. Memang perpindahan gigi transmisinya cukup halus sekaligus sigap mengikuti input gas. Suspensinya tergolong empuk. Berkendara melewati permukaan bergelombang, suspensinya cukup baik meredam impak, meski guncangan tetap terasa kabin. Namun hal itu juga membuat¬nya limbung. Menikung tajam atau berpindah jalur dengan cepat, bodinya miring. Ground clearance Rush juga cukup tinggi dengan 200 mm. Diberi dek plastik di bawah bumper depan, Rush pun siap untuk menghadapi medan off-road ringan selain di aspal.

Selasa, 08 Januari 2008

Cara Kerja Diesel Common-Rail

Dina - Tunas Toyota (Kijang Innova - Diesel Common-rail) Secara prinsip, teknologi common-rail pada mesin diesel modern bekerja seperti Electronic Fuel Injection di mesin bensin. Jadi, jumlah semprotan solar telah diatur oleh computer dengan memanfaatkan beberapa sensor. Makanya kehandalan dalam melibas banjir menjadi tak berbeda dengan mesin bensin, lantaran kerja mesin telah diatur oleh computer, tidak lagi mekanikal layaknya konvensional. Untuk bbm yang dikonsumsi mesin diesel common-rail, kandungan sulfur yang tinggi menjadi musuh utama teknologi ini. Pasalnya, endapan sulfur dapat menyebabkan injector yang memiliki lubang yag sangat kecil berisiko tersumbat. Bila hal ini terjadi, maka pompa injeksi akan bekerja sangat berat dan mudah rusak. Selain itu semprotan solar ke ruang baker pun tidak optimal. Makanya, filter bahan baker solar menjadi komponen vital yang perlu selalu diperiksa kondisinya untuk menjaga performa diesel berteknologi tinggi.

KIJANG INNOVA 16,2 km/liter

Dina - Tunas Toyota (Kijang Innova)

Ternyata, Kijang Innova bukan kendaraan rakus bbm. Dengan Kijang Innova berspesifikasi Euro2, kami berhasil mendapat angka konsumsi bbm 16,2 km/l. Fantastis, mengingat bobot kosong Kijang Innova G mencapai 1.525 kg Toyota Kijang Innova baru yang kami tes selama satu tahun ini jauh berbe­da ketimbang yang lama. Perubahan terbesarnya ada pada standar emisi gas buangnya. Sama seperti mobil lain yang diproduksi mulai 2007, Kijang Innova baru ini telah memenuhi syarat emisi gas buang Euro2. Secara teknis perubahan ini menun­tut perbedaan pada engine management "Sistem injeksi pada Innova Euro2 sudah bertipe dose loop, di mana perbandingan campuran udara dan bensin selalu dijaga pada 14,7:1 pada setiap putaran mesin," ujar Achmad Rizal, Marketing and Communica­tion Manager PT Toyota-Astra Motor Perbedaan secara fisik adalah adanya sensor oksigen di pangkal knalpot dan catalytic converter di pipa knalpot bagian tengah. Selain itu kini setelan CO juga tidak ada lagi, karena semuanya sudah diatur oleh komputer Dengan begitu perawatan juga semakin mudah. Perubahan-perubahan inilah yang membuat konsumsi bbm Innova menjadi jauh lebih irit dibanding sebelumnya. Kami melakukan tes dengan dua jenis bbm, yaitu Premium dan Pertamax dari Pertamina. Pengetesan pertama dilakukan dengan metode standar yang biasa diterapkan, yaitu melaju konstan dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam di jalan tol. Selanjutnya kami juga melakukan tes di jalan tol pada kecepatan konstan 80 km/ jam. Diasumsikan inilah kecepatan rata-rata mobil di jalan tol yang ramai lancar. Hasilnya adalah 13,17 km/l dengan menggunakan Premium dan 14,49 km/l untuk Pertamax. Kami juga mengetesnya pada kecepatan ekonomis yaitu 60 km/jam dengan bahan bakar Premium. Kecepatan ini diasumsikan yang mampu dicapai pada kondisi jalan tol yang padat namun masih bergerak lancar, dan juga merupakan batas kecepatan mini-mun di jalan bebas hambatan. Dalam penge­tesan inilah Kijang Innova mencatat hasil yang fantastis. Satu liter Premium Pertamina bisa memindahkan Toyota Kijang Innova seberat 1.525 kg plus pengemudi dan satu orang penumpang sejauh 16,2 km dengan kondisi AC hidup! Untuk pengukuran konsumsi bbm di dalam kota, kami menggunakan mobil ini untuk keperluan sehari-hari. Seperti liputan di siang hari, dengan tetap mengaplikasi cara mengemudi normal namun tidak melebihi 3.000 rpm. Hasilnya konsumsi bbm rata-rata Kijang Innova mencapai 9,3 km/l untuk Pre­mium dan 9,64 km/l untuk Pertamax. Kami juga mengetes konsumsi untuk rute luar kota yaitu ke Bandung untuk mendapatkan hasil kombinasi antara lan­carnya jalan tol dan kepadatan lalu lintas kota Bandung. Hasilnya adalah 10,43 km/l dengan kondisi mobil diisi 5 penumpang, tiga di antaranya berpostur subur Konsumsi bbm menggunakan Per-tamax sedikit lebih irit karena naiknya kualitas bbm membuat komputer mema­jukan pengapian. Hal ini membuat mesin bekerja semakin efisien. Sedangkan untuk performa, bisa dibilang Kijang Innova sama baiknya menggunakan Premium maupun Pertamax. Bahkan hasil tes performa yang kami lakukan menunjukkan Pertamax se­dikit lebih lambat. Namun banyak faktor yang membuat hal ini terjadi. Antara lain karena Kijang Innova yang kami tes ber­transmisi manual 6,223 liter untuk jarak 100,8 km

You"re visitor number